Thursday, February 12, 2015

Upacara Penutupan East Java Scouts Challange (EJSC) 2015

Sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kwarda Jawa Timur dan PT. DBL Indonesia East Java Scouts Challenge (EJSC) Tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Kwarcab Pacitan pada tanggal 12 Pebruari 2015 secara resmi ditutup oleh Bunda Luki Indartato selaku Ketua Panitia Penyelenggara. Seperti telah ditulis sebelumnya bahwa kegiatan EJSC 2015 di Pacitan diselenggarakan dalam 3 group yang harus menyelesaikan kegiatan yang telah ditentukan.  Upacara Penutupan ini didahului dengan penyerahan plakat dan hadiah untuk pemenang 1 regu putra dan regu putri dari masing-masing group EJSC 2015 di Pacitan.


Berdasarkan kegiatan tantangan /challenge diujikan sebagaimana panduan yang sudah dibagikan kepada semua Pembina yang ada, berikut adalah pemenang 1 yang berhak mewakili Penggalang yang berpangkalan di SD/MI, adalah sebagai berikut :

Regu Putri :
1. Group 1 (7-8 Pebruari 2015) : SD Negeri Sirnoboyo 1
2. Group 2 (9-10 Pebruari 2015) : SD Negeri Wonodadi Kulon 1
3. Group 3 (11-12 Pebruari 2015) : SD Negeri Bandar 5

Regu Putra :
1.      Group 1 (7-8 Pebruari 2015) : SD Negeri Baleharjo 2
2.      Group 2 (9-10 Pebruari 2015) : SD Negeri Wonokarto 1
3.      Group 3 (11-12 Pebruari 2015) : SD  Negeri Mlati 1


Pemenang berdasarkan dari akumulasi tantangan/challange yang sudah ditentukan oleh Kwarda Jatim dan PT DBL Indonesia. Dengan demikian peluang untuk rekayasa atau apapun bentuknya bisa dihindari.
Dalam sambutan penutupan Bunda Luki Indartato  menyatakan, “bahwa hari ini adalah hasil pencapaian prestasi kita semua setelah melakukan serangkaian tantangan yang mampu kita atasi dengan kesungguhan dan perjuangan”. Karena semalam sebelumnya semua peserta EJSC dievakuasi Kak Luki memberikan motivasi kepada semua peserta EJSC, “kalau tadi malam naik truk tentara, maka pada saatnya nanti jadilah tentara yang tangguh pemimpin negeri ini, kalau tadi malam adik-adik naik ambulans, maka kelak jadilah dokter yang membantu sesama dan seterusnya.”
Pada akhirnya Kak Luki mengharapkan kepada adik-adik semua melalui Kakak Pembina masing-masing untuk menjaga spirit dan semangat EJSC ini di Gugus Depan masing-masing. Juga diucapkan terima kasih kepada : Kwarda Jatim, PT. DBL Jatim, Pemerintah/Pemerinah Daerah, TNI/Polres, Mabicab, Mabiran, Mabigus SD/MI, Andalan Cabang, Panitia Lokal EJSC, DKC Kwarcab Pacitan, dan semua pihak yang mendukung terselenggaranya EJSC di Pacitan berlangsung dengan tertib sesuai jadwal.


Dari kegiatan EJSC 2015 ini di Pacitan dari mulai sosialisasi, pertemuan teknik dengan Kwarran/Gudep sampai permberkasan peserta dicapai target 500 regu  (@ 10 peserta) dan 500 Pembina. Namun pada saat pelaksanaan dalam 3 group/kelompok penyelenggaraan terdapat 4 regu yang tidak datang ke arena lokasi EJSC. Ada beberapa persoalan kenapa ada Gugus Depan/Regu tidak mengikuti kegiatan EJSC ini biarpun secara administrasi sudah melengkapi berkas pendaftaran, diantaranya adalah faktor teknis dan non-teknis. Belum ada penelusuran secara akurat tentang ketidak hadiran peserta ini. Namun secara umum kegiatan EJSC 2015 di Pacitan bisa dikatakan sukses sebagaimana penilaian utusan Kwarda dan PT. DBL Indonesia, karena semua terget kegiatan dapat dilaksanakan.
Ada beberapa koreksi dan perbaikan yang harus dibenahi oleh Panitia, Peserta dan Pembina. Misalnya penguasaan teknis tantangan yang harus diselesaikan oleh peserta antara anggota panitia yang satu dengan yang lain bisa berbeda dalam persepsi. Kemudian dari sisi Peserta dan Pembina, ketentuan EJSC secara prinsip ingin memberikan pendidikan kemandirian kepada semua peserta dalam segala hal dari kegiatan yang ada, dalam batas tertentu memang memerlukan bimbingan dan arahan Pembina, bukan berarti di peserta – siswa kelas 4 atau 5 SD/MI – senantiasa diarahkan dan dibimbing oleh Pembina.


Banyak hal kekurangan dan kelemahan, tentunya ini akan menjadi perhatian untuk penyelenggaraan even sejenis atau berbeda yang melibatkan begitu banyak peserta dengan durasi waktu yang panjang.
Sampai jumpa di EJSC 2016........



Reactions:

0 comments:

Post a Comment