Saturday, February 7, 2015

Upacara Pembukaan East Java Scouts Challange (EJSC) 2015 di Kabupaten Pacitan

Sabtu tanggal 7 Pebruari 2015 dilaksanakan Upacara Pembukaan EJSC 2015 di Pacitan. Sebanyak 168 regu (1680 orang) yang terdiri dari 84 regu putri dan 84 regu putri orang peserta Penggalang dan 168 Pembina Pendamping. Pembukaan EJSC dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pancer Dorr oleh Bupati Pacitan selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Kak Indartato. Hadir dalam Upacara Pembukaan dari segenap Majlis Pembimbing Cabang, Ketua Majelis Pembimbing Ranting, Andalan Cabang dan Undangan lain.


Ketua Panitia EJSC 2015 di Pacitan - Bunda Luki Indartato, melaporkan bahwa selama kegiatan EJSC 2015 segenap peserta mengikuti berbagai kegiatan. Lebih lanjut Kak Luki menyatakan, "Selama 2 hari berkegiatan Adik-Adik akan mengikuti 24 jenis tantangan, untuk mendapatkan 10 regu terbaik, dipandu oleh 51 orang Panitia Seksi Kegiatan, sehingga pada hari kedua nanti akan diketahui 1 regu terbaik putra dan 1 regu terbaik putri yang akan menjadi wakil Kwartir Cabang Pacitan untuk selanjutnya mengikuti kegiatan di tingkat Jawa Timur. Dari 6 regu wakil dari Pacitan nanti, semoga salah satunya bisa terbang ke Amerika.
Beberapa tantangan/challenge yang bisa diikuti oleh Peserta EJSC 2015 antara lain :
1. Winning Eleven Challenge :
2. Golden Scouts Challenge
3. Balls Challenge
4. Wild Card Challenge
5. Tent Challenge
6. Quiz Bowl Challenge
7. Information Challenge

EJSC 2015 di Pacitan diikuti oleh  5000 Pramuka Penggalang kelas 4 dan/atau 5 yang berpangkalan di SD/MI dibagi dari menjadi 3 group pelaksanaan EJSC. Group 1 pada tanggal 7-8 Pebruari 2015 diikuti 168 regu, Group 2 tanggal 9 - 10 Pebruari 2015 diikuti 168 regu dan Group 3 diikuti oleh 164 regu. Dari masing-masing group akan diambil 1 regu terbaik dari regu putra dan putri.


Dalam sambutannya Pembina Upacara Kak Indartato menyatakan bahwa, "Kegiatan hari ini, memberikan gambaran yang jelas tentang antusianya para anggota Pramuka kita, oleh karenanya potensi yang telah ada ini harus Kakak imbangi dengan kemauan dan pengalaman para pengelola Gugus Depannya. Kita tidak berkeinginan semangat adik – adik, bertepuk sebelah tangan hanya karena faktor Pembina dan Gugus Depan. Kita mempunyai kewajiban menjadikan pramuka sebagai idola kaum muda, untuk itu,  kita harus mampu mendorong semua sektor untuk berpartisipasi mendukung gerakan pramuka. Kita harus banyak memberikan pengalaman agar mereka tahu bahwa untuk mencapai tujuan tidak pernah ada jalan yang lunak. Mereka harus mengalami sendiri tantangan demi tantangan, rintangan  demi rintangan, permasalahan demi permasalahan, agar mentalnya kuat, tangguh, ulet dan tidak mudah menyerah. Ini bukanlah paksaan atau tuntutan belaka, namun sesungguhnya kegiatan kepramukaan ini akan memudahkan kita dalam menjalankan tugas".


Pada akhirnya dengan ucapan, "Bismillahirrahmanirrahim", kegiatan EJSC 2015 yang diselenggarakan oleh Kwarcab Pacitan secara resmi dimulai.
Selamat dan Sukses EJSC 2015 .....

Reactions:

1 comment: