Thursday, February 12, 2015

Kronologi Evakuasi 1440 Peserta Kemah EJSC Pacitan Akibat Banjir

Kegiatan kemah bakti East Java Scouts Challenge (ESJC) Pacitan yang digelar sejak Sabtu (7/2/2015) lalu sedikit mengalami hambatan setelah pada Rabu (11/2/2015) kota Pacitan diguyur hujan deras. Hujan yang terjadi sejak pukul 19.00 WIB hingga saat ini tersebut merupakan hujan intensitas sedang dan tinggi yang merata di seluruh wilayah di Pacitan. 
Evakuasi peserta kemah ESJC Pacitan dari Pancer. (Foto : Syams)
Dampak dari hujan deras tersebut, terjadi genangan air dengan tinggi 20 – 40 cm. Salah satu yang terdampak adalah lokasi Bumi Perkemahan Pancer Dorr, dimana sebanyak 1440 anak – anak pramuka peserta ESJC akhirnya harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman. 
“Total peserta yang ikut acara tersebut adalah 1660 anak, terdiri dari 840 peserta putri dan 820 peserta putra. Tadi pada saat proses evakuasi, yang kita evakuasi sebanyak 1440 peserta ke rumah warga dan sebagian di.bawa ke GOR dan sisanya tidak mau di evakuasi di perkemahan putri,” tutur Syamsoel Hadi, salah satu tim tanggap darurat dari Pemadam Kebakaran (Damkar) Pacitan, saat menceritakan kronologi evakuasi kepada Portal Pacitanku, Rabu malam. 
“Dalam evakuasi tersebut, kita mengerahkan seluruh elemen SKPD yang siap di lokasi, termasuk truk serbaguna BPBD Pacitan, truk Satpol PP, truk dinas sosial, truk Polres, truk Kodim, bus Pemda, ambulance Dinas Kesehatan (dinkes), ambulance RSUD, ambulance PMI dan ambulance dari beberapa partai politik masih stanby di lokasi,” paparnya. 
Saat ini, kata Syamsoel, selain yang dievakuasi di beberapa tempat tersebut, sisanya berjaga lokasi bumi perkemahan. “Sisanya berjaga di tenda demi keamanan mas, karena yang di evakuasi adalah pesertanya saja, sementara tenda masih belum dibongkar,” pungkasnya. Kegiatan ESJC ini sendiri diikuti total 5000 peserta dari seluruh kecamatan di Pacitan dengan model giliran. Direncanakan, kegiatan ESJC ini akan diakhiri pada kamis (12/2/2015) esok. 
Sementara itu pada pukul sekira 22.00 WIB, semua peserta selesai dievakuasi ke GOR Pacitan dan juga tempat lain yang lebih aman, sebagaimana instruksi dari ketua Panitia EJSC Pacitan - Bunda Luki Indartato. Dalam kesempatan proses Evakuasi ini hadir pula Ketua Mabicab Kak Indartato yang turun langsung ke arena perkemahan dan ke GOR tempat evakuasi.
Dari kegiatan evakuasi ini sebanyak 7 peserta dilarikan ke rumah sakit RSUD Pacitan karena kondisi badan yang lemah,  sebanyak 5 peserta diijinkan untuk pulang dari RSUD bersama Pembina/Orang Tua masing-masing, sedangkan yang 2 orang peserta EJSC masih dirawat untuk pemulihan.








Sebagai gerak cepat penanganan evakuasi peserta EJSC ini Dinas Sosial dan BPBD Pacitan telah membuka Dapur Umum untuk semua peserta EJSC Group ke 3 ini. Kepala Dinas Sosial Pacitan Kak Sunaryo dan Kepala BPBD Pacitan Kak Tri Mujiharto terus koordinasi terkait hal ini dengan Panitia EJSC yang ada di lapangan. Kak Sunaryo ketika ditemui di dapur umum Dinas Sosial menyatakan, "Sesuai kemampuan kita siapkan 1000 nasi bungkus untuk peserta EJSC". Dengan demikian dipastikan pagi hari ini konsumsi/sarapan sudah siap untuk semua peserta EJSC untuk  melanjutkan agenda EJSC yang belum selesai.


Dengarkan juga rekaman komunikasi radio menjelang pelaksanaan evakuasi, klik di sini.

Sumber : 
http://pacitanku.com/2015/02/11/kronologi-evakuasi-1440-peserta-kemah-ejsc-pacitan-akibat-banjir/
http://pacitanku.com/2015/02/11/banjir-terjang-pacitan-peserta-kemah-ejsc-dievakuasi/

Dokumentasi Dapur Umum Dinas Sosial dan Transmigrasi Kab. Pacitan :










Reactions:

0 comments:

Post a Comment