Wednesday, September 9, 2015

Melatih Kemampuan Survival, diselenggarakan Pioneering Scout Fair

Memeriahkan HUT Pramuka Ke-54 Tahun 2015, banyak agenda yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pacitan. Salah satunya adalah lomba Pionering Scout Fair untuk tingkat Penggalang dan Penegak. Dalam sambutannya Ketua Kwarcab Pacitan Suko Wiyono berpesan, pramuka harus menjadi generasi yang membuat bangga pertiwi, dengan selalu berakhlak mulia, memberi warna, berbunga-bunga dan selalu ceria.

Dengan diadakannya lomba Pionering, diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan, kerja sama dan kreativitas pioneering antar anggota pramuka. Karena tongkat dan tali merupakan alat yang tak lepas dari kehidupan pramuka. Sehingga dengan menggunakan alat tersebut, diharapkan bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk bertahan hidup.

Lomba Pionering yang diselenggarakan pada hari Kamis, 13 Agustus 2015 ini diikuti oleh  59 Regu Penggalang dan 28 Regu Penegak dari gugus depan yang berada di wilayah kerja Kwarcab Pacitan. Pelaksanaan lomba ditempatkan di Alon-alon Kabupaten Pacitan, karena mengingat lokasi yang setrategis untuk kegiatan tersebut.

Lomba Pionering ini diambil kejuaraan satu sampai lima dari masing masing tingkatan. Untuk tingkat Penggalang putri, juara 1 diraih oleh SMPN 1 Arjosari, diikuti oleh SMPN 2 Nawangan, SMPN 3 Bandar, SMPN 2 Kebonagung dan SMPN 1 Pacitan. Sedangkan Penggalang Putra Juara 1 diraih SMPN 1 Punung, disusul SMPN 3 Pringkuku, SMP Islam Terpadu Pacitan, SMPN 2 Punung dan MTsN Punung.

Sedangkan Untuk tingkat penegak, juara 1 putri diraih oleh SMKN 2 Pacitan, disusul MAN Pacitan, SMAN 1 Tegalombo, SMKN Pringkuku dan SMAN Nawangan. Untuk Putra, juara 1 diraih SMKN 2 Pacitan, selanjutnya SMAN 1 Pacitan, MAN Pacitan, SMAN Punung dan SMAN Nawangan.

Hasil karya dari kegiatan ini di pamerkan dalam acara Apel Besar dan Tasyakuran Hari Pramuka ke 54, di Pendopo Kabupaten Pacitan. Bersamaan dengan dengan Apel, juga dilaksanakan penyerahan Hadiah, Piala dan penghargaan kepada masing-masih pemenang lomba. (Kwarcab Pacitan)

"Dokumentasi Selengkapnya dapat dilihat pada FunPage KwarcabPacitan"

Reactions:

0 comments:

Post a Comment