Thursday, September 18, 2014

Pelatihan Updating Media Cetak dan Elektronik

Sesuai dengan Program Kerja Kwarcab Gerakan Pramuka Pacitan dan juga menyongsong penyelenggaraan LT-III pada tanggal 9 September 2014 bertempat di Sanggar Pramuka Kwarcab Pacitan diselenggarakan Pelatihan Updating Media Cetak dan Elektronik yang diikuti oleh perwakilan Kwarran, Gudep Calon Peserta LT-III, dan Gugus Depan dari Kwarran yang belum menyelenggarakan LT-II, total peserta 57 orang. Kegiatan dibuka oleh Kak Agus HP - Andalan Cabang Bidang Abdimas dan Humas. Sebagai pemateri kegiatan Kak Qomarudin Fathoni (Wakil Sekretaris Kwarcab), Kak Agus dan Kak Wawan (Jurnalis - Praktisi IT). Dalam sambutannya Kak Agus HP, menyatakan bahwa, "Kegiatan Pramuka mulai dari gugus depan cukup padat dan berkesinambungan dan bertujuan utama untuk pembinaan generasi muda, tetapi tidak satupun media cetak dan elektronik yang meliput dan dijadikan berita. Untuk itu kita sendiri pengurus Pramuka dari semua tingkatan yang memberitakan kegiatan Pramuka yang dilakukan kepada masyarakat luas". Lebih lanjut Agus HP menambahkan, ungkapan "bad news is a good news" harus kita hilangan dari dunia pendidikan, khususnya ke-Pramuka-an, kita beritakan kepada masyarakat luas berita positif dan bermanfaat secara terstruktur, masif dan sistematis dari kegiatan Pramuka. 
 Pada sesi pertama dalam pelatihan Kak Qomarudin Fathoni, menjelaskan tentang kegiatan LT-III yang akan diselenggarakan terkait dengan penggunaan IT khususnya blog yang harus dibuat gudep peserta LT-III. "Sudah waktunya penggunaan teknologi IT dipergunakan dalam penyelenggaraan kegiatan Pramuka. Dengan demikian kegiatan Gudep peserta LT-III sudah bisa dipantau jauh hari sebelumnya oleh Kwarcab melalui blog (website) yang dibuat, dengan demikian tidak terkesan instan. Dengan demikian updating kegiatan harus senantiasa dilakukan melalui media website (blog) dan ini termasuk materi penilaian dalam LT-III nanti". Sedangkan sesi kedua Kak Agus menjelaskan tentang jurnalistik sederhana terkait dengan tata cara penulisan berita dan teori teknik fotografi terkait dengan blog yang akan dibuat oleh Kwarran dan Gudep. Kak Agus mengingatkan, "Menulis berita dan menggunakan kamera untuk foto jangan lupa prinsip 5W+1H". 

Inti kegiatan diisi dengan materi pembuatan blog yang disampaikan oleh Kak Wawan, yang menjelaskan teori tentang pembuatan blog. Dengan sabar Kak Wawan memberikan bimbingan dan arahan kepada seluruh peserta untuk bisa membuat blog, biarpun teori dan petunjuk pembuatan blog secara online di internet mudah didapatkan. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan Pelatihan Updating Media Cetak dan Elektronik, sehingga tak terasa sampai pukul 15.30 WIB peserta masih betah mengikuti kegiatan ini. Kak Wawan menyatakan terkait kekurangan waktu untuk membuat blog. Tergantung kreatifitas masing-masing peserta untuk membuat blog, terasa ndak cukup kalau hanya sehari, demikian Kak Wawan menambahkan.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment