Wednesday, April 15, 2015

Latihan Pengembangan Kepemimpinan

Pemimpin di masa mendatang dan saat ini selain cerdas diharapkan mempunyai kepribadian yang jujur, baik dan luhur sehingga mampu menjadi contoh bagi yang dipimpinnya, sehingga anggota ataupun masyarakat di sekitarnya akan merasa nyaman akan kehadiran seorang pemimpin tersebut. Pengambilan keputusan yang cepat dan tepat akan berdampak positif bagi keberlangsungan organisasi. Oleh karena itu seorang pemimpin harus mempunyai kompetensi kepemimpinan yaitu kemampuan untuk mempengaruhi, memotivasi, dan dapat mengajak anggota/orang lain untuk berkontribusi positif dalam meningkatkan efektifitas organisasi demi sebuah tujuan yang hendak dicapai, demikian disampaikan oleh Ketua Kwartir Cabang Pacitan Kak Suko Wiyono di hadapan Andalan Cabang, peserta LPK, Panitia dan undangan lain dalam Upacara Pembukaan Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK) tanggal 13 April 2015 di Wisma Atlet Pacitan.



Kegiatan LPK ini berlangsung mulai tanggal 13 – 16 April 2015 selama 4 hari dengan peserta sebanyak 83 peserta utusan dari 31 Gugus Depan SMA/SMK/MA dan DKR se Kabupaten Pacitan,  berlangsung di Wisma Atlet Pacitan. Kegiatan ini cukup strategis dan tepat waktu, karena peserta adalah Dewan Ambalan SMA/MA/SMK yang sekarang duduk di kelas X dan XI yang libur karena Ujian Nasional SMA/SMK/MA.

Ketua Panitia Kak Puguh Yuwono, S.Pd, menyatakan, “kegiatan LPK ini sungguh pemanfaatan waktu yang tepat untuk peserta dengan menambah ketrampilan dan pengetahuan Dewan Ambalan sebagai calon pemimpin di masa mendatang”. Sementara panitia lain Kak Melandhi dengan semangat menyatakan, “Scout today....leader tomorrow”.


Materi pelatihan yang disampaikan antara lain : 1. PP Gerakan Pramuka Polemikbim; 2. Keorganisasian; 3. Kepemimpinan; 4. Sistem Administrasi; 5. Manajemen Risiko dan Komunikasi; Kegiatan lain : out-bond, wisata, malam Brawijaya/pentas seni. 

Ketua Harian Kwarcab Pacitan Kak Sujarwo di sela-sela pemberian materi ke peserta sangat mengharapkan adanya tindak lanjut dari semua peserta untuk mengembangkan kegiatan di pangkalan Gugus Depan dan DKR masing-masing.

(*ahp).






Reactions:

2 comments:

  1. Andai saja tdak bersamaan dg kegiatan peran saka kwarran sudimoro, pasti kami mengikuti kakak. Good job kwarcab pacitan

    ReplyDelete