Tuesday, May 26, 2015

KPD : Mencetak Generasi Waras Di tengah Jaman Edan Melalui Gerakan Pramuka


Untuk meningkatkan kecakapan para pembina Pramuka, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pacitan menyelenggarkan Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD). Kursus tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan dalam waktu tujuh hari, mulai 25 sampai dengan 31 Mei 2015 , oleh Pusdiklat Argasonya Kwarda Jatim.

Kursus ini dibuka oleh wakil ketua bidang bidang Bina Muda Kwarda Jatim, Kak Purmadibertempat di Pusdiklat Lesanpura Wisma Atlit Pacitan. Dalam sambutanya, kak Purmadi mengingatkan kembali konsep yang digagas oleh Bapak Pramuka Dunia (Chief Scout of the World), Lord Baden Powell yaitu mencetak generasi waras ditengah jaman edan.

Kak Purmadi sangat mengapresiasi perkembangan gerakan pramuka yang tumbuh pesat di Kabupaten Pacitan,  dia berharap hal serupa bisa dicontoh oleh gerakan Pramuka daerah lain. Dalam acara pembukaan KPD tersebut, kak Purmadi juga menyampaikan salam dan pesan dari Gus Ipul. Saifullah Yusuf menyampaikan pesan dengan jargon -Pacitan Kok Dilawan-.

Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar ini diikuti oleh 50 peserta. Terdiri dari unsur Pembina SD/MI, Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (kamabikus), Guru SD/MI-SLTA, pengawas UPT TK SD, Pamong Saka Wira Kartika (TNI), serta perwakilan dari Kwarcab Ponorogo dan Trenggalek.

Kursus yang ditujukan untuk mencetak pelatih pembina ini dikonsep dengan 20 Persen teori dan selebihnya adalah kegiatan Praktik Lapangan. Diantaranya, sesi sehari memasak dan tidur di tenda. Konsep ini dimaksudkan agar selama dalam kegiatan kursus, suasananya menyenangkan, tidak kebanyakan teori yang minim praktek.

Dalam pembukaan Kursus ini, Ketua Kwarcab Pacitan Suko Wiyono belum berkesempatan hadir, karena bersaman dengan kegiatan Api Unggun Jambore Kader PKK di Pendopo kabupaten Pacitan.















Reactions:

0 comments:

Post a Comment