Monday, August 5, 2013

JOTA/JOTI di Kwarcab Pacitan

Sesuai dengan Surat Edaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dam Kwartir Daerah Jawa Timur tentang menyelenggarakan Jamboree On The Air (JOTA) Nasional ke-71 Jamboree On The Internet (JOTI) Nasional ke-29 dan partisipasi dalam 8th Asia-Pasific Regional Air/Internet Jamboree. Dalam kegiatan yang  digelar tiga hari mulai 2-4 Agustus 2013, Kwarcab Pacitan melaksanakan kegiatan JOTA/JOTI ini bertempat di Gedung Kwarcab Pacitan Jl. Pahlawan 8 Pacitan.


Untuk kegiatan JOTI telah dilakukan pembenahan jaringan internet dengan menjadikan jaringan internet di sekretariat Kwarcab Pacitan menjadi wi-fi untuk memudahkan akses internet bagi peserta JOTA/JOTI.
Sedangkan untuk kegiatan JOTA, bekerja sama dengan ORARI Lokal Pacitan, dan memperoleh tanda panggilan/call-sign YC3ZJO.

Tidak kurang dari 125 anggota Pramuka Penggalang, Penegak, dan Pandega baik dari pangkalan Gudep/Racana dan Saka berpartisipasi aktif dalam kegiatan JOTA/JOTI ini, kegiatan dimulai pukul 08.00 dan diakhiri pukul 21.00 WIB.Sedangkan dari pendamping ORARI Lokal Pacitan sebanyak 10 orang yang dikoordinir oleh Kak Muhammad Zaini - YB3PFZ.

“Dari kegiatan JOTA/JOTI setidaknya dalam 4 tahun terakhir ini, peminat JOTI lebih banyak, karena ketersediaan akses internet semakin mudah didapat. Namun, untuk kegiatan JOTA masih relatif sedikit, karena kendala peralatan radio amatir yang langka dan jarang dimiliki, di samping keterbatasan band frekuensi yang dialokasikan,” demikian yang dikatakan oleh Kak Agus HP sebagai pendamping dari ORARI Lokal Pacitan sekaligus sebagai Andalan Cabang Bidang Abdimas dan Humas.
Dalam kegiatan JOTA tidak kurang 25 stasion JOTA dari Kwarda/Kwarcab/Kwaran dari seluruh Indonesia berhasil dilakukan QSO melalui radio HF, untuk JOTA Kwarcab Pacitan diseting pada 40 meter band saja.

Dalam pelaksanaannya, peserta akan dapat saling berkomunikasi melalui media radio dan internet. Pada dasarnya banyak kelebihan bagi peserta Jota-Joti. Misalnya, dalam hal komunikasi, peserta dapat berdiskusi secara langsung setiap hari selama pelaksanaan dengan tema yang berbeda bersama seluruh pramuka se-Asia Pasifik yang bergabung. Sehingga, jaringan dapat diperluas dan perkembangan info kepramukaan tentunya akan dapat diketahui dengan cepat.

Adapun pelaksanaan Jota Joti juga merupakan bentuk aplikasi berdasarkan pada circular World Bureau of The World Organization of The Scout Movement No 021 Tahun 2009, Asia Pasific On The Air Internet (APA) dan Asia Pasifik On The Internet (API).

Reactions:

1 comment:

  1. https://m.app.box.com/files/0/f/2092605478/pramuka_smkn_bandar
    tolong dikunjungi ya. . . . . salam pramuka . . . . . . . . !!!

    ReplyDelete