Wednesday, August 21, 2013

Upacara Bendera Hari Pramuka

Peringatan hari pramuka ke-52 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Pacitan dengan thema “Wujudkan Bangsa yang Bermartabat Melalui Gerakan Pramuka” diperingati di halaman Pendopo Kabupaten Pacitan, mulai pukul 09.00 WIB hari Rabu 14 Agustus 2013. Bupati  Pacitan juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka, Kak Indartato bertindak sebagai inspektur upacara.
Hadir dalam peringatan hari pramuka 52 itu, wakil Bupati Pacitan yang juga sebagai Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka, juga pejabat sipil/TNI/Polri juga hadir Ka kwarcab Kak Mulyono, dan seluruh Andalan Kwarcab Pacitan serta seluruh Pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pacitan. Sebagai peserta upacara berasal dari Gugus Depan SMP/MTs/SMA/SMK/MA yang berjumlah kurang lebih 1.000 anggota Pramuka.
Dalam amanatnya Bupati Pacitan membacakan Sambutan tertulis dari Ketua Kwartir Nasional, antara lain tentang tantangan generasi muda Indonesia. Lebih lanjut dinyatakan oleh Ka Kwarnas : “kaum muda dihadapkan pada dua masalah besar yaitu yang berkaitan dengan masalah sosial dan masalah kebangsaan. Masalah sosial meliputi penggunaan NAPZA dan obat terlarang; hubungan seksual pra-nikah dan aborsi yang disebabkan pergaulan bebas; perkelahian, tawuran dan kekerasan, serta kriminalitas remaja. Sedangkan masalah kebangsaan meliputi antara lain solidaritas sosial rendah; semangat kebangsaan rendah; semangat bela negara rendah; dan semangat persatuan dan kesatuan rendah”.
Sebelum mengakhiri kegiatan Upacara Hari Pramuka ini disampaikan Penganugrahan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka yang berasal dari Kwarnas, Kwarda Jatim maupun dari Kwarcab Pacutan sendiri kepada Pembina dan Anggota karena pengabdian dan darma baktinya terhadap pengembangan Gerakan Pramuka di Pacitan.


Ziarah Rombongan
Sebelum kegiatan Upacara Hari Pramuka ini (mulai pukul 07.00 WIB) dilaksanakan Ziarah Rombongan ke TMP Bunga Bangsa, sebagai Pemimpin Ziarah Rombongan adalah Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pacitan Kak Mulyono. Hadir dalam ziarah ini adalah Andalan Cabang, Pembina dan Anggota Pramuka.




Tasyakuran
Sebagai penutup kegiatan Peringatan Hari Pramuka ke-52, usai Upacara Bendera di Halaman Pendopo dilaksanakan dengan tasyakuran yang bertempat di Sanggar  Kwarcab Pacitan – Jl. Pahlwan 8. Tasyakuran ini dimaksudkan sebagai perwujudan rasa terima kasih kepada semua pihak atas segala prestasi dan perjuangan Gerakan Pramuka dalam setahun terakhir ini, dengan harapan dapat ditingkatkan di kemudian hari.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment