Sunday, July 12, 2015

Agenda HUT Pramuka ke-54 Tahun 2015

Menjelang Peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pacitan menggelar rapat pleno yang membahas rencana kegiatan HUT Pramuka yang ke 54 tahun 2015. Rapat Pleno dibuka oleh ketua harian cabang, Kak Jarwo dan dilanjudkan dengan pemaparan rancangan kegiatan oleh kak Fathony (Kepala Dispendukcapil Pacitan) selaku ketua panitia kegiatan. Kak Fathoni menyampaikan bahwa jika konsisten sejak tahun 1961 yang lalu sudah tidak ada lagi gerakan yang disebut pandu-pandu, yang ada adalah Praja Muda Karana atau disingkat Pramuka. Tema HUT pramuka kali ini adalah “Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan Dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda”.


Kegiatan yang direncanakan salah satunya adalah Ziarah Rombongan pada tanggal 13 Agustus 2015 jam 08.30 WIB yang berlokasi di Taman Makam Pahlawan Pacitan. Ziarah ini mempunyai maksud dan tujuan untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa pahlawan bangsa. Kak Fathoni menjelaskan alasan kenapa kita harus mengenang jasa pahlawan, karena keberadaan dan kehidupan enak jaman sekarang ini merupakan hasil jerih payah mereka. 



Agenda lain adalah berbagai macam perlombaan yang mendidik, di antaranya pioneering scouts yang bertujuan untuk menggali ketrampilan tali temali dan penggunanya, perlombaan ini untuk peserta Penggalang dan Penegak. Dalam lomba pioneering scouts tingkat kabupaten ini, peserta membawa peralatan sendiri-sendiri yang akan dibentuk sedemikian rupa. Bentuk kegiatan tali-temali bagi penegak adalah membuat rancang bangun gubug makan, rancangan yang dihasilkan harus benar-benar bisa digunakan sebagai tempat makan untuk beberapa orang. Hasil rancangan ini nantinya akan dipamerkan pada puncak acara HUT Pramuka nanti. Selain kegiatan tersebut masih banyak agenda yang akan diselenggarakan, bahkan ada wacana dari Kak Eko (Staf Ahli Bupati), yaitu membuat bazar murah bagi masyarakat umum, dari barang-barang bekas layak pakai yang dikemas sedemikian rupa sehingga menarik dan layak jual. 
Kegiatan Hari Ulang Tahun Pramuka yang ke-54 tahun 2015 ini diharapkan bisa lebih bermakna dan bermanfaat dibanding pelaksanaan kegiatan sebelumnya. Total Share: 3

Reactions:

3 comments:

  1. Kegiatan dah banyak tapi sambutan resmi hut pramuka ke 54 tahun 2015 belum ada ya

    ReplyDelete
  2. boleh minta teks pidato kwarnas dalam rangka HUT Pramuka Tahun 2015 ya......

    ReplyDelete