Friday, August 15, 2014

Pramuka Pacitan di Bulan Agustus 2014

Beberapa kegiatan ke-Pramuka-an dilaksanakan Kwarcab Gerakan Pramuka Pacitan, baik yang sifatnya kegiatan pengabdian masyarakat,  kegiatan yang sifatnya peningkatan ketrampilan maupun kegiatan penguatan organisasi dilaksanakan di bulan Agustus 2014 ini. Beberapa kegiatan tersebut antara lain sebagaimana dalam catatan ringan berikut :

1. Karya Bhakti Lebaran
  • Kegiatan Karya Bhakti Lebaran 1435 H ini sebagai pelaksanaan dari Surat Kwarnas maupun dari Kwarda. Hal ini dimaksudkan untuk membantu kelancaran arus mudik masyarakat dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1435 H. Terdapat beberapa Posko Lebaran yang didirikan oleh Pemda/Polres dan Pramuka tingkat Penegak terlibat langsung di dalamnya antara lain Posko Lebaran yang ada di : Posko Kesehatan Terpadu, Terminal Bis Pacitan, Pos Lantas Alon Alon Kota, Pasar Punung, Pasar Arjowinangun dan Kawasan Pantai Teleng Ria Pacitan. Tidak kurang melibatkan 50 orang anggota Pramuka dari berbagai Saka dan Gugus Depan. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 23 Juli sampai 3 Agustus 2014.
  • Maksud dan tujuan adanya Karya Bhakti Lebaran ini adalah : meningkatkan rasa kepedulian Gerakan Pramuka kepada masyarakat, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anggota Gerakan Pramuka dalam berkehidupan dan ikut serta membangun masyarakat dan mampu menjadi generasi muda yang terampil dan dapat menjadi motivator kegiatan membangun masyarakat.
  • Kegiatan yang dilakukan dalam Karya Bhakti Lebaran ini antara lain : membantu memberikan informasi tempat-tempat fasilitas umum, memberikan bantuan tindakan P3K, membantu pemudik yang berkebutuhan khusus, dan khusus Saka Bhayangkara bersinergi dengan Polres Pacitan dalam "Operasi Lebaran".
 2. JOTA/JOTI Nasional
  • Sudah menjadi agenda rutin Gerakan Pramuka bahwa pada akhir Juli/Awal Agustus dan pertengahan bulan Oktober diselenggarakan Jamboree On The Air (JOTA) dan Jamboree On The Internet (JOTI), dilaksanakan pada hari Jum'at - Ahad tanggal 1 - 3 Agustus 2014. Sasaran kegiatan ini adalah JOTA Nasional ke-75 dan JOTI Nasional ke-33 berpartisipasi pada : 10th Asia Pacific Regional Air/Internet Jamboree.


  • Kegiatan ini kerjasama dengan ORARI Lokal Pacitan dengan tanda panggilan YC3ZJO dengan Penanggung Jawab Stasion YB3HQM/Kak Agus. Tidak kurang dari 25 stasion JOTA Kwarda/Kwarcab dari seluruh Nusantara dapat dihubungi melalui frekuensi radio HF dengan call-sign YC3ZJO. Sedangkan untuk JOTI menggunakan sarana internet dengan chating pada room khusus untuk JOTI. Banyak hal yang bermanfaat dalam kegiatan ini selain tukar menukar identitas juga berbagi pengalaman dalam kegiatan kepramukaan yang dilakukan dengan sesama Anggota Pramuka. Peserta JOTA/JOTI berasal dari perwakilan Saka dan Kwaran sebanyak 50 orang anggota.
3. Pelepasan Kontingen Jambore Daerah Jawa Timur 2014
  • Setelah melalui TC yang berlangsung hampir 2 bulan, kontingen Jambore Daerah Jawa Timur dari Kwarcab Gerakan Pramuka Pacitan yang diikuti oleh 32 pramuka penggalang putra dan putri dari Gugus Depan Pangkalan SMP/MTs se-Kabupaten Pacitan, dan 4 Pembina Pendamping, 1 orang Pimpinan Kontingen dan 1 orang CST (Contingen Support Team) dari Dewan Kerja Cabang, pada tanggal 12 Agustus 2014 secara resmi diberangkatkan oleh Kak Indartato Pacitan selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang di Pendopo Kabupaten Pacitan.
  • Hadir dalam Pelepasan ini unsur Majelis Pembimbing Cabang (antara lain Kak Soedjono, Kak Suko Wiyono dan Kak Sugeng), Ketua Kwarcab dan Andalan Cabang, Kamabigus/Pembina dan Orang Tua/Wali Peserta Jambore.
  • Kak Indartato dalam arahan pelepasan Kongtingen Jambore menyataan, hendaknya kegiatan Jambore ini dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh peserta untuk menambah pengetahuan dan dimanfaatkan sebagai momen belajar untuk masa depan. Lebih lanjut Kak In menyatakan, "yang lebih penting, kalian harus bersyukur karena kalian adalah Anggota Pramuka pilihan dari sekian ribu anggota Pramuka sebayamu, tunjukkan rasa bersyukurmu untuk berbuat dan berkarya yang terbaik".
  • Sebelum mengakhiri acara Pelepasan Kontingen ini dipersembahkan tarian Tari Eklek yang dibawakan oleh peserta Jambore Daerah dan tarian akan ditampilkan pada acara Jambore Daerah. 


  • Jambore Daerah Jawa Timur 2014 berlangsung tanggal 13-19 Agustus 2014 di  Bumi Perkemahan Serut / Bendungan Serut Desa Darungan Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar.
 4. Hari Pramuka 2014
  • Dirgahayu Pramuka 14 Agustus 1961 - 14 Agustus 2014. Untuk mengawali rangkaian kegiatan Hari Pramuka Tahun 2014 Kwarcab Gerakan Pramuka Pacitan menyelenggarakan kegiatan  : Ziarah Rombongan di TMP Bunga Bangsa Pacitan, Upacara Bendera Hari Pramuka, dan Tasyakuran.


 
  • Ziarah Rombongan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bunga Bangsa dipimpin oleh Kak Fathoni (Ketua I), diikuti oleh Anggota Penggalang dan Penegak (120 anggota), Pembina, dan Andalan Cabang. Kegiatan ziarah ini dilaksanakan tanggal 13 Agustus 2014 mulai pukul 08.00 WIB. Dengan suasana khidmat dan tertib dan diakhiri dengan tabur bunga sebagai simbul penghormatan kepada jasa pahlawan bunga bangsa yang telah berkorban untuk kejayaan bangsa dan negara.
  • Usai upacara bendera dilanjutkan Tasyakuran Hari Pramuka ke-53 sekaligus Halal bi Halal, tempat kegiatan Halaman Belakang Pendopo Kabupaten. Tasyakuran ini diikuti oleh peserta Upacara Bendera. Acara diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al Qur'an oleh Adik Rina Purnamasari dari Gugus Depan SDN Wonokarta - Ngadirojo. Dalam sambutannya Kak Fathoni mengajak kepada seluruh komponen Gerakan Pramuka di Kabupaten Pacitan untuk saling memaafkan dan selanjutnya bahu-membahu membangun generasi muda harapan bangsa melalui gerakan Pramuka sebagaimana thema sentral Hari Pramuka 2014 yakni : Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi.
  • Acara tasyakuran diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Kak Nurul Huda dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kak Soedjono yang disampaikan kepada Kak Fathoni.
5. Lomba Tingkat
  • Sesuai dengan Program Kerja Kwarcab Gerakan Pramuka Pacitan, tahun ini dijadwalkan diselenggarakan Lomba Tingkat (LT) III. Sebagai persyaratan untuk mengikuti LT III tersebut tiap Kwartir Ranting Gerakan Pramuka (tingkat Kecamatan) pada bulan Juli - September tahun 2014 menyelenggarakan LT II. Lomba tingkat ini dimaksudkan sebagai sarana Kegiatan yang diikuti oleh golongan Pramuka Penggalang ini memiliki anggota sebanyak 8 orang tiap regunya. Jadi LT ( lomba Tingkat ) merupakan pertemuan Regu-regu Pramuka Penggalang dari suatu satuan Pramuka atau dari berbagai satuan Pramuka dengan acara kegiatan kreatif, rekreatif dan edukatif dalam bentuk perlombaan. LT adalah salah satu alat untuk mengevaluasi serta meningkatkan kecakapan dan kemampuan para Pramuka Penggalang, sejauh mana para pembina di Gugus Depan melatih dan membekali peserta didik dengan berbagai ketrampilan, kecakapan, pengetahuan dan menerapkan pendidikan latihan di satuan pangkalannnya masing-masing. 
  • Beberapa Kwaran sudah menyelenggarakan LT II antara lain Kwarran Bandar, Kwarran Arjosari, Kwarran Ngadirojo, Kwarran Nawangan dan menyusul Kwarran Pacitan juga Kwarran yang lainnya. 
Dirgahayu Gerakan Pramuka........

Reactions:

1 comment: