Sunday, December 1, 2013

Gladian Pimpinan Regu Gudep 04.091 - 04.092

"Siiiaaappp Grak, Setengah lengan lencang kanaaan grak, tegaakk..... grak", lalu terdengar pula yel-yel "biasa-biasa saja tapi mantap...". itulah suara yang bergema di aula SMP Negeri 1 Pacitan sekitar pukul 15.00 WIB kemarin 30 November 2013. Di Aula ini sudah berkumpul adik-adik Dewan Penggalang Masa Bakti 2012-2013 sebanyak 35 orang, serta Calon Dewan Penggalang Masa Bakti 2013-2014 sebanyak 75 orang dan beberapa Kakak Pembina untuk melaksanakan Upacara pembukaan Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru) atau bisa juga disebut Diklat Dewan Penggalang yang dilaksanakan pada 30 Nopember - 1 Desember 2013 di Kompleks SMPN 1 Pacitan, Jalan Ahmad Yani Nomor 41 Pacitan.

Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Kak Arif Subagyo, Pembina Gugus Depan Putra. Dalam sambutannya Kak Arif berpesan agar siapapun yang terpilih sebagai Pratama Putra dan Putri, agar dapat memberi contoh yang baik bagi teman-teman dan adik-adiknya, dan dapat menjadi pemimpin yang bijaksana, dan semoga kegiatan ini berjalan lancar, sesuai dengan jadwal yang disepakati, utamanya pelaksaan ibadah. Gladian Pimpinan Regu ini merupakan agenda rutin setahun sekali di Gugus Depan 04.091-04.092 pangkalan SMPN 1 Pacitan. Kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan: menambah ketrampilan dan pengetahuan : administrasi, tekpram, pemantapan materi, mempersiapkan Dewan Penggalang yang berkualitas untuk masa bakti berikutnya, serta diakhiri musyawarah Dewan Penggalang yaitu penyampaian laporan pertanggungjawaban, pemilihan pengurus dan pembentukan program kerja 1 tahun mendatang.


Kegiatan ini dilaksanakan dengan beberapa metode: pemaparan, diskusi, praktek meliputi kegiatan fisik (bergerak) maupun mental (berfikir). Adapun materi/agenda kegiatan adalah : materi administrasi regu dan gugus depan, teknik penyusunan proposal dan pelaksanaan kegiatan, problem solving, pemantapan dewan penggalang, giat pagi, olahraga, bivak, dan muyawarah dewan penggalang, dan cleaning area.
Selamat dan sukses... terus berjuang para penggalang 04.091-04.092 SMPN 1 Pacitan... semoga tidak hanya biasa-biasa saja tapi mantap tapi luar biasa dan semakin mantap.

Reporter : Kak Rina Susiantri Warseto

-----------------------------------------------------------
Catatan :

Pengertian Dianpinru (Keputusan Kwarnas Nomor 029/KN/77 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gladian Pimpinan Regu Penggalang). 

a. Dianpinru adalah salah satu usaha pelaksanaan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan, khususnya penggunaan sistem beregu dalam pasukan penggalang


b. Dianpinru adalah sarana pemberian geladian atau latihan bagi pemimpin regu dan wakil pemimpin regu penggalanguntuk :
1) Mengembangkan kepemimpinan
2) Meningkatkan kecakapan, ketrampilan dan kemampuan dalam tehnik kepramukaan
3) Menanamkan kesadaran akan tugas dan kewajiban sebagai pemimpin regu atau wakil pemimpin regu
yang semuanya itu diperlukan sebagai bekal untuk mengelolah dan memimpin regunya dan membina kerjasama yang baik dalam pasukannya
c. Dianpinru merupakan sarana bagi para Pembina pramuka dan pembantu Pembina pramuka untuk menerapkan sistem among, yaitu memberi kepercayaan dan tanggung jawab kepada para pemimpin regu dan wakil pemimpin regu, untuk bersama-sama belajar mengelolah dan memimpin regunya



Reactions:

0 comments:

Post a Comment