Tuesday, June 24, 2014

Training Center Jambore Daerah Jatim (JAMDA JATIM) Tahun 2014

Training Center Jambore Daerah Jatim (JAMDA JATIM) Tahun 2014 Kontingen Kwarcab Pacitan diikuti oleh 32 pramuka penggalang putra dan putri dari Gugus Depan Pangkalan SMP/MTs se-Kabupten Pacitan. Peserta dibagi menjadi 4 regu dengan jumlah masing-masing regu 8 orang dan didampingi oleh seorang pembina pendamping. Jumlah keseluruhan kontingen Pacitan adalah 38 orang dengan rincian 32 orang peserta, 4 Pembina Pendamping, 1 orang Pimpinan Kontingen dan 1 orang CST (Contingen Support Team) dari Dewan Kerja Cabang.



Pelaksanaan TC dimulai hari Selasa-Kamis, 17-19 Juni 2014 bertempat di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pacitan dan Sub Camp berada di lapangan Udara TNI AU Pacitan. Tujuan diadakan TC adalah untuk memberikan bekal kepada calon peserta sebelum menuju arena Jambore Daerah yang akan di gelar pada tanggal 13-19 Agustus 2014 yang akan datang di Kab. Blitar.  

 
Materi TC yang disampaikan Pengurus Kwarcab dan DKC ditekankan kepada bagaimana untuk menumbuhkan rasa kebangsaan yang ber-Bhinneka Tunggal Ika serta berupaya mewujudkan manusia Indonesia yang memiliki kualitas keimanan dan ketaqwaan, kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berjiwa Pancasila serta mampu mengembangkan budaya dan karakter bangsa yang menjadi dasar acuan atas mental dan sikap positif yang diharapkan tumbuh sebagai jiwa perilaku anak anak bangsa. Yang dalam kegiatan JAMDA JATIM 2014 sebagaimana Juklak kegiatan dikelompokan menjadi 6 ranah Arena Pengembangan kegiatan : Arena pengembangan spriritual. Arena pengembangan emosional, Arena pengembangan sosial, Arena pengembangan intelektual, Arena pengembangan fisik, Arena pengembangan karakter. Sedangkan materi lain secara spesifik disampaikan oleh Pengurus Kwarcab dan DKC antara lain : Scouting Skill ( Peta Pita, Sket Panorama, Kecepatan Arus, juga eksplorasi ide kreatif dari segenap peserta TC.

 
Pada akhir kegiatan TC JAMDA JATIM 2014 sebagaimana disampaikan Kak Arifin selaku Sekretaris Kwarcab Pacitan : "Ini bukan pertemuan terakhir, setelah lebaran nanti akan diadakan pertemuan lagi untuk mengecek kembali kesiapan dari adik-adik calon peserta, sedangkan untuk pelepasan akan diberangkatkan langsung oleh Bapak Bupati Pacitan selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pacitan".

Sampai jumpa di JAMDA JATIM 2014.


Catatan :
Juklak JAMDA JATIM 2014




---------------

Naskah dan foto kiriman : Kak Udin











ASAHAN (Berita): Pramuka Penggalang Kabupaten Asahan sejak 27-30 Mei 2010 mengikuti TC Persiapan Jambore Daerah Sumatera Utara di bumi perkemahan Sibolangit Deli Serdang yang berlangsung tanggal 5 – 10 Juni 2010.Sabtu (29/5) kemarin, Kasrianti SH, Halimansyahdiah dan Endang Priadi mengisi materi filateli dan memaparkan sejarah Pos Dunia dan Indonesia, kemudian secara berlainan surat, melepas prangko dan menata prangko.
Usai memberikan materi Endang Pribadi yang juga guru yayasan di Ponegoro Kisaran mengatakan 180 pramuka penggalang yang lkut TC ini merupakan utusan dari 25 Kecamatan dan menjadi perwakilan Kabupaten Asahan pada Jamdasu nanti.
Bebarapa pengurus pramuka Kabupaten Asahan telah memberikan materi yang diperlukan, diharapkan agar adik-adik pramuka lebih berwawaan. Diantara materi yang diberikan antara lain, pengetahuan kepramukaan, SMS (Sadi Mourse Sewaphone), bari berbaris dan  Upacara pembukaan dan penutupan.
“Materi yang diberikan selama TC, merupakan rangkaian kegiatan di Jamdasu nantinya, adik-adik pramuka penggalang agar kiranya dapat menjaga nama baik dan meraih hal terbaik bagi daerah ini,” harap Endang. (min)

Reactions:

0 comments:

Post a Comment