Friday, April 25, 2014

Prestasi Siaga 2014 Diawali Kwartir Ranting Pringkuku

Gerakan Pramuka merupakan wadah untuk mengembangkan potensi siswa untuk berpikir kritis, kreatif, bertanggung jawab dan mandiri. Hal ini diwujudkan dalam kegiatan Prestasi Siaga 2014 Kamis tanggal 24 April kemarin di SDN Ngadirejan Kecamatan Pringkuku. Kegiatan yang diprakarsai oleh Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kecamatan Pringkuku sebagaimana Jadwal yang ditentukan Kwartir Cabang. Untuk kegiatan Prestasi Siaga ini dibuka untuk dimulai dilakukan oleh Bunda Luki Indartato, Wakil Ketua II Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pacitan, yang mengharapkan agar, siaga yang terlatih dan berprestasi sekarang akan menjadi generasi yang tangguh untuk pembangunan di masa yang akan datang, untuk itu belajar dan berlatih hendaknya dilakukan sejak usia dini. Bunda Luki juga berharap, “Kegiatan ini juga sebagai upaya menumbuhkan tunas-tunas unggul pramuka dari anggota Pramuka Siaga yang nantinya akan melanjutkan keaktifan Kwaran Gerakan Pramuka Pringkuku”.



Setelah laporan Pemimpin Barung utama (PBU) Ananda Reza dari SDN Ngadirejan Bunda Luki memotong pita sebagai simbol Prestasi Siaga sebagai ajang giat Prestasi Pramuka Siaga dimulai, dengan jumlah peserta 1022 pramuka siaga se Kwarran Pringkuku.
Lebih lanjut  terdapat beberapa kegiatan yang menarik dan gembira yang dilaksanakan hari itu, yaitu lomba  baca puisi, adzan dan iqomah, hafalan juz amma, puzzle, memasukkan paku dalam botol, dan estafet air. 



Tema-tema yang diangkat oleh peserta, di antaranya ialah tema lingkungan sehat, tema sosial, kritik dan kemanusiaan untuk lomba puisi. Kak Rina sebagai supervisor kegiatan dari Pengurus Kwarcab Pacitan menyatakan, “Semua tema yang kami tetapkan, bertujuan agar peserta dapat menanamkan dan mengejawantahkan Dwidharma Pramuka. Selain itu, peserta dilatih untuk peka terhadap kondisi masyarakat, juga kegiatan-kegiatan sebagai bekal hidup di masa depan, tanpa meninggalkan masa-masa bermain dan belajar yang menggembirakan.”


=============
Laporan : Kak Rina
Foto : Kak Udin

Reactions:

1 comment:

  1. MIM Glinggangan menjadi juara pesta siaga di Kwarran Pringkuku (Lomba Pindah Air)

    ReplyDelete