Saturday, February 15, 2014

Rapat Kerja Cabang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pacitan

Bertempat di Sanggar Kwarcab Pacitan - Jl. Pahlawan No. 8 Pacitan - pada hari ini Sabtu tanggal 15 Pebruari 2014 diselenggarakan Rakercab Kwarcab Pacitan. Agenda Rakercab ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oeh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka. Agenda Rakercab Tahun 2014 ini antara lain : Laporan Program Kerja Tahun 2013 dan Pemaparan Rencana Program Kerja Tahun 2014, Tanggapan Kwarran atas Laporan dan Program 2014, Kesimpulan dan Hasil Rakercab serta Pengesahan.


Kegiatan Rakercab Kwarcab Pacitan ini diikuti oleh 69 orang peserta yang terdiri dari Utusan Kwarran se Kabupaten Pacitan, Andalan Cabang serta undangan lain antara lain Kepala Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama Kabupaten Pacitan. Dalam Laporan Panitia Penyelenggara, Ketua Panitia Kak Jarwo pada intinya menyatakan bahwa : "Maksud dan tujuan penyelenggaraan Rakercab adalah Evaluasi pelaksanaan kegiatan di tahun 2013 dan menyusun kegiatan dan program yang lebih baik lagi di tahun 2014".



Sedangkan Pembukaan kegiatan dilakukan oleh Wakil Ketua I Kwarcab Kak Fathoni, yang pada awalnya menyatakan keprihatinannya tentang kejadian-kejadian bencana yang menimpa masyarakat dan bangsa Indonesia, untuk itu Kak Fathoni mengajak kepada seluruh peserta Rakercab untuk berdoa bersama untuk korban bencana alam di Indonedia kemudian Kak Fathoni mengharapkan juga adanya kepedulian sosial dari seluruh warga Pramuka langsung akan kejadian bencana ini dengan mengadakan "bumbung kemanusiaan" yang akan dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama juga Kwarda Jawa Timur. Terkait dengan Rakercab ini Kak Fathoni menyatakan beberapa hal penting yaitu :
1. Raker ini hendaknya, menjadi starting point untuk menghasilkan kualitas kegiatan yang lebih baik.
2. Raker ini mampu menghasilkan rumusan kebijakan yang berorientasi pada internal dan eksternal organisasi.
3. Forum ini seyogyanya mampu, memetakan hambatan dan pencapaian yang harus ditempuh di tahun 2014
4.Sebagai organisasi kepanduan yang mendapatkan kepercayaan, maka kita harus mampu memerankan diri sesuai dengan peran yang telah diamanatkan dalam UU dan AD/ART Gerakan Pramuka akan tetap mendapat apresiasi yang tinggi di tengah masyarakat.
5. Hendaknya program yang disusun mampu memacu kreatifitas anggota Pramuka untuk selalu inovatif dan produktif, melalui peningkatan pengetahuan, ketrampilan, kemampuan, sikap dalam pencapaian prestasi, sebagaimana pokok pikiran yang tertuang dalam Kurikulum 2013.



Sebelum mengakhiri sambutannya Kak Fathoni mengucapkan : "Selamat bermusyawarah kepada kita semuanya, berharap apa yang akan dilakukan ini memberikan manfaat bagi pengembangan pendidikan ke-Pramuka-an untuk generasi muda Indonesia yang lebih baik".
Agenda Rakercab selanjutnya adalah Laporan Program Kerja 2013 dan Penyampaian Rencana Program Kerja 2014, sebagai Pimpinan Sidang kegiatan ini Kak Haryoto dan Kak Hernowo. Laporan Program Kerja Tahun 2013 dibacakan oleh Sekretaris Kwarcab Kak Arifin, yang menyatakan Laporan Program Kerja yang disampaikan adalah kegiatan yang dimulai pada bulan Januari sampai Desember 2013 yang  terdapat 53 kegiatan, 19 kegiatan didanai dari APBD Kabupaten Pacitan dan 34 kegiatan didanai dari Iuran Anggota dan hibah dari pihak lain, lebih lanjut Program Kerja yang dilaksanakan Tahun 2013, (terlampir).

Sedangkan Pemaparan Rencana Program Kerja 2014 disampaikan oleh Kak Jarwo - Ketua Harian Kwarcab Pacitan, yang menyatakan hendaknya kita mampu menghindari dan mengatasi tantangan, lebih lanjut Kak Jarwo menyatakan bahwa, "diperlukan identifikasi hal-hal penting untuk masing-masing faktor di tiap-tiap program. Selanjutnya dari identifikasi-identifikasi tersebut dapat dibuat matrik SWOT. Dari matrik itulah, dapat diidentifikasi cara-cara alternatif bagi Pramuka untuk menggunakan kekuatan-kekuatan khususnya untuk menggunakan peluang-peluang atau untuk menghindari ancaman-ancaman, dan mengatasi kelemahan-kelemahannya yang terjadi dalam melaksanakan program kerja yang telah ditentukan". Rancangan Program Kerja Kwarcab Pacitan Tahun 2014 - klik di sini

Setelah pemaparan Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2013 dan Rencana Program Kerja Tahun 2014 dilakukan Tanggapan dari peserta Rakercab. Beberapa tanggapan dari Kwarran antara lain : agar Brigade Penolong (BP) untuk lebih dioptimalkan lagi kegiatan pelatihan yang dilakukan bekerjasama dengan pihak lain (BNPB atau BPBD) sehingga perannya di masyarakat lebih optimal jika diperlukan mengingat Pacitan termasuk wilayah yang rawan terjadinya bencana alam, juga disampaikan tanggapan mengenai peran yang lebih tegas lagi dari Kwarcab terhadap Kwarran terkait geraknya organisasi, misalnya ada ketegasan Kwarcab bagi Kwarran yang belum juga mengadakan reorganisasi dan juga masalah iuran yang belum dibayarkan bertahun-tahun.


Pihak Kwarcab menanggapi semua usulan, saran dan masukan dari peserta Rakercab bahwa apa yang disampaikan diperhatikan dan akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya di program tahun 2014, juga termasuk kerja sama dengan semua pihak akan terus dilaksanakan di tahun 2014 ini sehingga program kerja lebih optimal lagi pergerakan Pramuka di Pacitan.

Pada akhirnya semua peserta Rakercab bersepakat menerima Laporan Pelaksanaan Program Kerja Tahun 2013 dan Rencana Program Kerja Tahun 2014 untuk menjadi Program Kerja Tahun 2014 dengan beberapa catatan untuk diperbaiki. 


Catatan :

Audio Ketua Kwarcab Pacitan saat membuka Rakercab ini

Reactions:

0 comments:

Post a Comment