Monday, November 25, 2013

Racana Bratasena dan Dewi Arimbi STKIP PGRI Pacitan

Perkemahan penerimaan tamu Racana Bratasena - Dewi Arimbi Pangkalan STKIP PGRI Pacitan merupakan agenda tahunan sebagai pelaksanaan salah satu program Racana yang bertujuan untuk menerima anggota baru, yaitu pengenalan Racana, Sehingga seluruh anggota racana paham betul tentang organisasinya dan mampu melaksanakan Satya, dan Darma Pramuka serta nilai-nilai positif dari kisah pewayangan Bratasena dan Dewi Arimbi. Dengan demikian tiap anggota tidak hanya ikut-ikutan tanpa tahu makna yang terkandung di dalamnya dari kegiatan yang akan diikuti. 


Penerimaan Tamu Racana ini dilaksanakan dalam bentuk perkemahan yang diikuti oleh tamu Racana 20 orang dan Dewan Racana 30 orang, dilaksanakan tanggal 23 - 24 November 2013 di Kampus Pendidik STKIP PGRI Pacitan, diawali Upacara Pembukaan yang dihadiri oleh kak Dr. H. Maryono, MM selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan, para Pembantu Ketua selaku anggota Mabigus, Kabiro, Kaprodi dan Dosen. Dalam sambutannya Kak Maryono selaku Kamabigus menyampaikan bahwa kepramukaan sangatlah penting bagi mahasiswa Kampus Pendidik (sebutan bagi Kampus STKIP PGRI Pacitan) yang diharapkan akan menjadi Pembina Pramuka di kemudian hari pada masanya di dunia kependidikan.
Dalam kesempatan penerimaan Tamu Racana ini Kak Dalud Daeka selaku Pembina Gugus Depan juga berpesan agar para anggota Racana tidak berkecil hati dengan anggota yang jumlahnya sedikit, "lebih baik sedikit tapi berkualitas, dari pada banyak tapi sulit dikendalikan, namun demikian semoga ke depan dapat meningkat secara kualitas maupun kuantitasnya". Untuk itu perlu strategi agar para mahasiswa tertarik dengan kegiatan kepramukaan.
Sedangkan materi pembekalan yang disampaikan antara lain : pengertian dari Gerakan Pramuka, Petunjuk Penyelenggaraan Gugus Depan berpangkalan di perguruan tinggi serta kepandegaan disampaikan oleh Andalan Cabang Kwarcab Pacitan. Sedangkan materi lainnya adalah praktek teknik kepramukaan, pemantapan, outbond dan bakti sosial.
Hingga penutupan usai para peserta masih bersemangat mengikuti kegiatan. Kita berharap semoga semakin intens berkegiatan, dan dapat menjadi generasi muda yang tanggap, tangguh, tanggon dan trengginas serta berkarakter bangsa melalui Pramuka.

--------------------
Tentang Racana :



Pengertian

Racana adalah kumpulan dari dua sampai empat Reka. Arti kata Racana adalah dasar penyangga tiang bangunan yang dalam bahasa Jawa disebut umpak. Nama Racana biasanya diambil dari nama-nama pahlawan. Namun demikian tidak menutup kemungkinan nama Racana juga diambil dari nama-nama senjata atau nama kerajaan dalam pewayangan atau nama ceritera mitos. Dalam pemilihan nama tentunya diambil yang terbaik menurut anggota Racana, sehingga memiliki makna dan kebanggaan bagi seluruh anggota Racana.

Racana sebagai Wadah Pembinaan
 
Dalam sistim pendidikan Gerakan Pramuka, Racana merupakan bagian dari organsiasi Gugus Depan sebagai wadah pembinaan pramuka golongan Pandega. Dalam posisinya sebagai wadah pembinaan maka Racana merupakan tempat utama para Pramuka Pandega di dalam mengembangan potensi dirinya melalui pendidikan kepramukaan. oleh sebab itu Racana harus aktif dan memiliki program latihan dan kegiatan yang terencana dengan baik.

Racana dalam sistem pendidikan kepramukaan berfungsi sebagai  satuan gerak yaitu satuan organisasi/unit pelaksana yang mengimplementasikan sistim pendidikan kepramukaan bagi para peserta didik.


Dikutip dari  : http://www.ensiklopediapramuka.com/2012/08/racana.html

Reactions:

0 comments:

Post a Comment