Sunday, November 24, 2013

TC Raimuna Daerah Provinsi Jawa Timur

Tanggal 24 November 2013 di Sanggar Kwarcab Pacitan telah diadakannya Pembukaan dimulainya Pemusatan Latihan (Training Center) untuk calon peserta RAIDA (Raimuna Daerah) Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2013 yang akan diselenggarakan di Lebakharjo Kabupaten Malang tanggal 15 - 21 Desember 2013.
Dalam kegiatan TC tersebut diberikan pembekalan materi seputar kegiatan yang akan diikuti pada Raimuna tersebut.
Beberapa materi yang akan disampaikan dalam rangkaian TC ini antara lain :

  1. Latihan Keterampilan Baris Berbaris (LKBB)
  2. SAR Darat dan SAR Air
  3. Tata Upacara Penegak dan Pandega
  4. Forum Penegak dan Pandega
  5. Dinamika Kelompok

Peserta TC tersebut berasal dari utusan Gugus Depan SMA/SMK/MA/PT yang ada di wilayah Kwartir Cabang Pacitan yang berjumlah 16 orang putri dan 16 orang putra dengan Pembina Pendamping 2 orang dan Pimpinan Kontingen 1 orang.

Tujuan dari TC tersebut adalah merupakan upaya pemantapan dan penyamaan persepsi tentang Raimuna serta upaya pendidikan fisik dan mental guna mempersiapkan diri untuk mengikuti Raimuna Daerah di Lebakharjo Kabupaten Malang.

Hadir dalam pembukaan TC tersebut Kakak Arifin selaku Sekretaris Cabang Pacitan. Dalam amanat beliau diantaranya beliau berpesan agar kegiatan ini dapat bermanfaat guna membekali diri untuk berangkat ke Raimuna Daerah serta menambah wawasan dan pengetahuan seputar teknik kepramukaan dan pengetahuan lainnya.

Kegiatan TC Raimuna Daerah ini akan terus berlanjut sampai dengan menjelang Upacara Pelepasan yang dijadwalkan tanggal 12 - 13 Desember 2013 nanti oleh Kamabicab Pacitan.
Selamat dan sukses ......

--------------------------------
Tentang istilah "Raimuna"   :
Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang di Indonesia diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Raimuna diselenggarakan mulai dari tingkat Kwartir Ranting (kecamatan) hingga tingkat nasional.
Kata Raimuna berasal dari bahasa Ambai, Daerah Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Kata Raimuna merupakan gabungan dua kata yaitu "Rai" dan "Muna". "Rai" berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama. Sedangkan "Muna" adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Raimuna memiliki arti sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan.
( http://id.wikipedia.org/wiki/Raimuna - 25/11/2013 : 08.34 WIB)

Reactions:

0 comments:

Post a Comment