Thursday, July 4, 2013

Pengukuhan Pengurus Kwarcab Pacitan


Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Pacitan periode 2013-2018 di Pendopo Kabupaten,  Rabu (29/5) secara resmi dikukuhkan oleh Kwarda Pramuka Jawa Timur.  Wakil Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur, A R Purmadi usai mengukuhkan pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan pramuka Pacitan periode 2013-2018  mengatakan, karakter menjadi hal penting bagi generasi bangsa. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melibatkan generasi dalam gerakan Pramuka. Ini karena gerakan kepanduan tersebut memiliki nilai dan ajaran yang luhur serta sesuai dengan karakter bangsa
Atas dasar tersebut, maka mulai 2012 kwarda Jawa Timur menjadikan Pramuka sebagai ekstra kokurikuler wajib disekolah. Istilah wajib yang dimaksud adalah memberikan ajaran-ajaran yang terkandung dalam kepramukaan. Sedangkan untuk menjadi anggota Pramuka tetap sukarela. Untuk itu Pramuka harus mampu membuktikan dharma baktinya dimasyarakat sehingga bukan anggota pramuka saja yang merasa bangga dalam kepanduan, namun juga masyarakat pada umumnya. Sesuai dengan salah satu strategi revitalisasi gerakan pramuka, yakni, pramuka milik rakyat.





Kamabicab Pacitan, Indartato mengatakan, untuk mendukung gerakan Pramuka di kota Seribu Satu Goa ini perlu adanya payung hukum yang kuat. Ke depan pihaknya akan membuat peraturan bupati untuk mengatur kegiatan kepanduan tersebut. Hal ini sangat penting agar gerakan pramuka di Pacitan lebih baik dan berkembang.
Dalam kesempatan itu pula, Wakil Ketua Kwarda Jatim A R Purmadi memberikan apresiasi kepada para pengurus dan pemerhati gerakan pramuka di Pacitan. Atas kerja keras dan kepedulianya terhadap kegiatan pramuka, maka tak heran jika kwartir cabang Pacitan merupakan salah satu yang terbaik di Jawa Timur.
Sumber : http://kominfo.jatimprov.go.id/watch/35486

Reactions:

0 comments:

Post a Comment