Monday, February 29, 2016

Temu saka kencana 2016, melalui saka kencana kita wujudkan generasi emas

Temu satuan karya pramuka keluarga berencana (Saka Kencana) tahun 2016 di Yonif 521/DY Kota Kediri, dengan tema “melalui saka kencana kita wujudkan generasi emas”. Acara dilaksanakan tanggal 23 Februari 2016 oleh badan kependudukan dan keluarga berencana nasional (BKKBN) Jawa Timur.

Acara dibuka pukul 15.30 Wib, oleh kepala perwakilan provinsi Jawa Timur, Dwi Listyawardani dan dihadiri wakil wali kota Kediri Lilik Muhibah, Waka Kwarda Jatim, kepala BPPKB kota Kediri Sumedi, serta perwakilan 39 kabupaten/kota se-Jatim. Dalam acara pembukaan, BKKBN Provinsi Jatim menyerahkan bantuan alat teknologi tepat guna, yaitu alat cetak pin dan sablon mug untuk Saka Kencana Kabupaten Pacitan serta mesin jahit untuk PiK kabupaten Kediri.

Malam pertama kegiatan temu saka kencana ini dimulai dengan pembentukan 7 kelompok besar dan 35 kelompok kecil serta penyampaian peraturan yang harus ditaati setiap peserta temu saka kencana 2016. Untuk hari kedua, peserta diberikan wawasan luas mengenai empat krida yang ada dalam Saka Kencana. Sebelum peserta mendapatkan pemaparan dari para pemateri, kelompok yang mendapatkan bagian materi tersebut harus memberikan perwakilan untuk menyampaikan materi yang akan dibahas, kemuadian pemateri meluruskan penyampaian yang keliru.

Empat krida dalam saka kencana yang dibahas diantaranya, krida kependudukan yang disampaikan oleh Fonny Indri Astuti S.Psi, krida ketahanan dan kesejahteraan dalam pembangunan keluarga yang disampaikan oleh Taufik Daryanto, S.psi. M.sc, krida kesehatan reproduksi berwawasan kependudukan oleh Dr.Zekson Alpian serta krida Generasi Berencana (GenRe) oleh Nur Hotimah.
Hari ketiga, peserta menempuh tes syarat kecakapan khusus sesuai dengan kelompok kecil yang telah dibentuk pada hari pertama. Terdapat kriteria khusus yang wajib ditempuh oleh kelompok agar mendapatkan kupon untuk bermain game sesuai SKK yang ditempuh. Meskipun cuaca hujan, tidak menyurutkan semangat peserta untuk menempuh ujian SKK. - (Dwi Setyawati)

Dokumentasi Foto

















Reactions:

0 comments:

Post a Comment